Jumat, 25 Januari 2013


SEBUAH  DALIHKAH ?

Dengan berdalih sense of art seringkali terjebak ke dalam  argumentasi yang tidak disadari oleh kaum perempuan  bahwa  hal  itu  merupakan sebuah bentuk dari pengeksploitasian yang bersumber pada kemolekan fisikal belaka. Celakanya pabila tidak dibarengi daya intelektual yang dapat dipertaruhkan di peradaban  yang  kian hari semakin menampakkan jati dirinya atas nama kemajuan sains dan  teknologi  yang  nota  bene tanpa  kendali  mengumbar hedonis.

Menguak cakrawala yang penuh tantangan untuk lebih menempa dalam pendadahan mutlak diperlukan selain potensi intelektualitas yang dikembangkan menyongsong era peradaban yang semakin bersaing di percaturan  bangsa-bangsa di dunia adalah hati nurani yang mengejawantah pada kehidupan nyata mengaplikatif. Dus dari illustrasi tersebut maka teranglah  pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tidak terniscayakan, hanya sayangnya penyadaran tentang hal tersebut masih mengelabui pikiran-pikiran dari sebagian anak negri (Indonesia), yang  tak  beranyak dari sebuah alasan  berkutat sekitar  factor ekonomi, walau memang pada kenyataannya hal tersebut tak dapat dipungkiri, karena memang factor itulah yang  masih menggelayut sebagai salah satu akar permasalahan dari  bangsa dan Negara kita.

Kalau kita kaji di dalam mempelajari Geografi tentang kemajuan  suatu  negara, ternyata kemajuan negara-negara   terutama di bidang  sains dan  teknologi,  didominasi  oleh negara-negara yang dilihat dari secara letak astronomisnya berlintang tinggi, di mana negara-negara tersebut memiliki iklim yang ekstrim. Berbeda dengan  negara-negara yang  berlintang rendah dan beriklim baik, yang tentu saja membawa konsekwensi memiliki   kekayaan sumber daya alam  melimpah,, namun  kemajuannya tertinggal satu langkah dari mereka.  Alhasil bersambung pada illustrasi di atas bahwa kemajuan suatu  bangsa di suatu Negara terletak pada Sumber Daya Manusianya bukan tergantung kepada kekayaan sumber daya alamnya. Jadi apabila bangsa Indonesia mau maju seperti halnya negara-negara yang sudah maju  adalah  meningkatkan  kualitas SDMnya, yang  tak lain   melalui PENDIDIKAN.  

( by nimasgaluh inspirated from  The school activity of  Maulid Nabi  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar