Minggu, 25 November 2012

LEGENDA NAMA "PANULISAN" ( CIAMIS )




 

Konon cerita di sebuah tempat bernama Panulisan ( sekarang merupakan kota kecamatan kabupaten Ciamis).

Asal muasal tempat tersebut dinamakan “Panulisan” bermula dari kisah seorang putri cantik nan jelita dari  Galuh, yang sedang menjalani pengembaraan untuk menempa diri dalam mencari kesejatian.

Syahdan di suatu pagi yang cerah, putri Galuh tersebut hendak mandi, dia menuju ke sebuah lubuk (leuwi) yang airnya jernih sekali, di sebuah sungai besar yang tidak jauh dari tempat dia bertapa.

Putri itu kemudian meremdamkan badannya ke dalam air, terasa dingin di kulit, digosok-gosokannya badannya dengan bunga cempaka munding yang harum, serta rambutnya yang panjang dan hitam terurai ke dalam air, dibasuhkannya  dengan memakai ramuan bunga dan tumbuhan yang sengaja dia buat oleh tangannya yang halus mulus. Harum semerbaklah sekeliling tempat itu, dan tak berapa lama tiba-tiba datanglah kupu-kupu menghampiri sang putri, mula-mula satu ekor, dua ekor, tiga ekor lalu banyaklah kupu-kupu yang datang ke tempat di mana sang putri mandi. Kupu-kupu tersebut beterbangan mengelilingi sang putrid, seakan mereka tahu, putri itu bukan putri sembarangan, melainkan seorang putri yang lembut hatinya, halus peranginya, serta terampil dan cekatan dalam menghadapi sesuatu. Kupu-kupu tersebut seolah menyapa : “ Tuanku putri yang mulia ! Engkau adalah putri kinasih jelmaan bidadari yang turun dari Kayangan ! Hamba menghaturkan sembah ke hadapan duli Tuanku!”.

Setelah kejadian tersebut maka di suatu waktu tertentu, kupu-kupu tersebut berdatangan kembali ke tempat di mana sang putri mandi, dan pada saat kembalinya, kupu-kupu tersebut seperti ada yang melukis  ( tulisan ) sayap-sayap mereka. Semenjak itu, tempat tersebut dinamakan Panulisan.

Adapun putri yang diceritakan tersebut, dia lalu meneruskan lagi bertapanya, putri tersebut tiada lain adalah Ratnayu Putri Dyah Pitaloka Citraresmi.

                                                                 (by nimasgaluh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar