Selasa, 19 Maret 2013


SEDIKIT BERBAGI TENTANG SCAMMER

 

Seiring waktu berjalan saat ini dunia jejaring social di internet semakin menancapkan peradabannya, untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal berkomunikasi. Melalui jaringan  telekomunikasi  yang semakin canggih, hubungan antar manusia di belahan Negara di mana pun di muka bumi ini sudah tidak ada jarak dan batas, sehingga hal ini mengakibatkan begitu mudah dan cepatnya mengakses setiap berita atau peristiwa yang terjadi pada kehidupan manusia. Oleh karena itu, apabila tidak dibarengi ketajaman mata hati dan kecerdasan logika ketika kita berselancar di dunia maya, maka tak urung sedikit tidaknya terjebak ke dalam putaran yang diperankan oleh topeng-topeng yang memiliki kekerdilan jiwa. Bahwasanya tindak kejahatan di dunia maya pun begitu bergentayangan mencari mangsa yang empuk demi memuaskan keserakahan atas nama ambisi dan ego yang tidak mengenal konsekwensi sebagai akibat perbuatan yang diperankannya.

    Barangkali dapat berguna bagi pemirsa yang suka browshing internet tentang email atau massages, misalnya yang datang ke inbox FB dari akun yang mengatasnamakan dalam tanda kutif dari orang asing yang tidak dikenal, berdasarkan pengamatan terhadap subtansi isi dari keduanya, bahwa terdapat  kesamaan satu sama lainnya, yang membedakan adalah dari si pengirimnya. Tidak menutup kemungkinan hal itu adalah serangan SPAM atau SCAM yang dilancarkan oleh para Spammer atau Scammer dalam rangka penipuan kejahatan dunia maya atau cyber crime. Diperlukan  system penjaminan keamanan dalam hal jejaring layanan social di internet mutlak ditingkatkan bagi para pengguna layanan tersebut, karena faktanya banyak kasus-kasus penipuan akibat serangan situs-situs tersebut. Sebagai contoh dapat disimak tentang email yang sering dikirimkan ke inbox akun FB, dan yang sedang booming saat ini adalah pesan-pesan dari akun Bule yang mengaku tentara Amrik yang sedang bertugas di Irak atau Afaganistan dan  akun Bule yang mengaku kebanyakan orang Inggris. Ternyata photo Bule yang mereka pasang itu adalah hasil curian dari Album web, entah photo siapa yang sebenarnya ? Kasihan saja kepada mereka yang photonya digunakan untuk tindak kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.  Maka hati-hatilah terhadap jaringan Mafia Penipuan melalui Scam, terutama para wanita, waspada dan pastikan inbox akun FB Anda, bila ada email atau pesan yang terdampar di dalamnya dari orang-orang yang mengatasnamakan orang (WNA), mereka berpura-pura minta berteman, ciri-cirinya dapat diindetifikasi di antaranya sebagai berikut :

 

1.    Jika diadd tidak merespon

2.    Di akunnya tidak kelihatan aktif status

3.    Tidak ada friendlistnya, bilapun ada teman-teman FBnya kebanyakan dari kaum wanita

4.    Isi email atau pesannya memuji kita dengan untaian kata merajuk berpuitis rayuan gombalnya yahuuud selangit

5.    Yang diikutinya kebanyakan para wanita

6.    Photo-photo tentang dirinya hanya sedikit sekali

 

Menurut berita yang dilansir, sekarang di Indonesia pun  sudah ada, dan patut disayangkan yang menjadi titik target mereka dalam mencari mangsanya adalah wanita-wanita Indonesia, konon katanya mereka sudah tahu bahwa wanita Indonesia suka Bule.

( by nimasgaluh, Maret 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar